Fakta dan Mitos

Menghias Pohon Natal Menjadi Tradisi Natal

pohon natal

Ekstratime.com – Bulan Desember sama dengan perayaan hari raya Umat Nasrani, Hari Natal. Di Indonesia sendiri, Tradisi Natal dirayakan dengan cukup semarak, terutama menghias pohon natal.

Ada beberapa hiasan khas tradisi natal di sebagian besar tempat umum.

Salah satunya hiasan yang paling ciri khas dari perayaan Hari Natal ialah Pohon Natal. Kedatangan pohon natal seolah tidak pernah mangkir pada perayaan hari raya di Bulan Desember ini. Bahkan juga, hiasan Pohon Cemara ini seolah jadi simbol dari perayaan Hari Natal di penjuru dunia.

Tidak itu saja, pohon natal terus dihias oleh bermacam ornament seperti gantungan beragam warna, lonceng, dan kaus kaki. Di pucuk Pohon Cemara itu tidak lupa terpasang hiasan bintang selaku lambang ‘Bintang Betlehem’.

Mempunyai arti yang dalam dalam perayaan Hari Natal, pohon natal ada selalu menghias perayaan Hari yang Suci untuk Umat Nasrani itu. Karena itu, supaya lebih pahami lebih dalam kembali arti dari pohon natal, baca penuturannya di bawah ini versus ekstratime.com:

Narasi Riwayat Pohon Natal

pohon natal

Umum dijumpai bila dekati Hari Raya Natal, Pohon Natal mulai akan terpasang di beberapa posisi khalayak. Maksudnya tidak lain untuk ikut menyemarakkan perayaan Hari Raya Umat Nasrani itu.

Tetapi, tahukah Anda riwayat dibalik terpasangnya Pohon Natal selaku hiasan di Hari Natal? Untuk pahami pertama kali terpasangnya Pohon Natal pada Hari Natal, Anda harus mengenali cerita dari salah satunya pahlawan reformasi gereja, Martin Luther.

Satu malam, Martin Luther sedang jalan-jalan sambil nikmati alam dalam suatu rimba di Jerman. Martin Luther juga kagum dengan panorama banyak Pohon Cemara yang membubung tinggi dengan hiasan sinar bintang di antara cabangnya.

Selanjutnya, Martin Luther memilih untuk menebang satu Pohon Cemara yang tidak besar dan bawa pohon itu ke tempat tinggalnya. Martin Luther menempatkan banyak hiasan lilin di setiap cabang Pohon Cemara itu selaku langkah untuk memvisualisasikan sinar bintang yang Dia saksikan di rimba barusan. Semenjak itu, di Jerman, Pohon Cemara sering jadi selaku hiasan.

Mulai di awal era ke-16, banyak warga Jerman yang mulai menebar ke luar negeri. Sambil beralih ke banyak negara itu, warga Jerman memperkenalkan adat penempatan Pohon Cemara di muka rumah mereka pada Hari Natal. Itu kenapa Pohon Cemara sering jadi selaku hiasan di Hari Natal sampai saat ini.

Kecuali narasi Martin Luther itu, Pohon Natal kabarnya berawal dari narasi seorang rohaniawan Inggris namanya Santo Bonifacius. Satu hari, St Bonifacius menyaksikan satu acara persembahan untuk Dewa Thor dalam suatu Pohon Oak.

Dalam proses itu, terlihat segerombolan orang akan menyembahkan anak kecil. Tidak pengin menyaksikan anak kecil itu dipertaruhkan, St Bonifacius usaha menggulingkan Pohon Oak itu. Pohon Oak itu sukses roboh dan tumbuh jadi satu Pohon Cemara yang saat ini sama jadi selaku hiasan Hari Natal.

Kecuali dari ke-2 narasi itu, Pohon Cemara yang tahan dengan semua cuaca, tidak kecuali waktu musim dingin, dipandang seperti lambang ‘hidup kekal’. Oleh karena itu, Pohon Cemara sering dipakai selaku hiasan di perayaan Hari Natal di penjuru dunia.

Bukti Memikat Sekitar Pohon Natal

Pohon Natal sudah jadi adat harus waktu perayaan Hari Natal. Sejauh Bulan Desember, Pohon Natal akan terlihat menghias di semua tempat tinggal umat Nasrani. Tetapi, dibalik Pohon Natal selaku hiasan pada perayaan Hari Natal, ada banyak bukti memikat didalamnya.

Tahukah Anda jika zaman dulu, Pohon Cemara tidak dipamerkan berdiri seperti sekarang ini selaku hiasan di Hari Natal. Tetapi, Pohon Cemara dipercayai dipamerkan dengan digantung kebalik di zaman seribu tahunan lalu.

Tiada mempunyai bermacam hiasan seperti sekarang ini, dulu Pohon Natal cuman didiamkan menggantung di langit-langit dalam suatu ruang. Tidak bisa dipikirkan bagaimanakah cara orang dulu dalam menyiapkan Pohon Natal itu mendekati perayaan Hari Natal.

Bukti bagus yang ke-2 mengenai Pohon Natal ialah sekarang hiasan di Pohon Natal tidak lagi memakai lilin. Saat ini, umumnya umat Nasrani sudah berpindah memakai lampu selaku alternatif lilin yang kabarnya jadi hiasan di Pohon Natal.

Hiasan lampu pada Pohon Natal ini termasuk unik sebab biasanya memakai lampu warna merah dan biru. Cukup banyak umat Nasrani yang ingin tahu siapakah yang pertamanya kali memberi hiasan lampu warna biru dan merah ini di Pohon Natal.

Baca:  5 Fakta Natal Yang Harus Kamu Ketahui Cok

Satu versus yang cukup terkenal dari narasi pertama kali diputuskannya lampu warna biru dan merah ialah dari penemu lampu bohlam tersebut, Thomas Alfa Edison. Kabarnya, di tahun 1880, Thomas Alfa Edison suka menghias kantornya memakai sinar lampu.

Sampai pada akhirnya di tahun 1882, rekanan kerja Thomas Alfa Edison menempatkan 80 buah lampu dengan warna biru dan merah selaku hiasan di ruang itu dan Pohon Natal.

Lagi bersambung ke tahun 1890, perusahaan milik Thomas Alfa Edison menebar edaran yang tawarkan layanan penempatan lampu selaku hiasan Natal. Disanalah pertama kali kenapa banyak lampu warna biru dan merah terpasang selaku hiasan di Pohon Natal sampai sekarang ini.

Kreativitas Pohon Natal Terhebat di Dunia

Pohon Natal Terhebat di Dunia 2017, Nice, Perancis

Jadi simbol di perayaan Hari Natal, beberapa orang yang berlomba memberi hiasan yang memikat. Tidak kecuali kreativitas hiasan cantik yang eksklusif pada Pohon Natal di beberapa penjuru dunia ini.

Indonesia adalah negara yang mempunyai Pohon Natal dengan hiasan terhebat di dunia. Persisnya di tahun 2017 lalu, satu Pohon Natal raksasa dengan tinggi capai 38 mtr. terpampang di Central Park dan Neo SOHO Mal, Jakarta Barat.

Bertopik ‘Giant Whimsical Christmas Tree’, Pohon Natal itu berhasil bikin siapa yang menyaksikannya kagum. Kemilau sinar dari beberapa ribu hiasan stainless flappers dan laser show berhasil jadikan Pohon Natal ini selaku salah satunya yang terhebat di dunia.

Pada tahun yang serupa, Moscow, Rusia, mempunyai salah satunya Pohon Natal terhebat di dunia. Sama ukuran beberapa puluh mtr., Pohon Natal yang berada di GUM Fair langsung membuat beberapa orang berjalan kaki takjub. Hiasan seperti hadiah dan balon udara yang terlihat menarik menambahkan fakta kenapa Pohon Natal itu pantas dikatakan sebagai yang terhebat di dunia.

Seterusnya ada Pohon Natal yang dibikin di tahun 2015 di New York, Amerika Serikat. Berada di Rockefeller Center, satu Pohon Natal terlihat gagah berdiri di jantung kota New York itu. Tidak cuman hiasan lampu yang membuat Pohon Natal terlihat berkilau, 10 patung malaikat yang seolah sedang jaga Pohon Natal itu menambahkan keelokan Pohon Natal itu.

Di Brazil, persisnya di Rio de Janeiro, ada Pohon Natal yang dibikin mengapung di Danau Lagoa. Mempunyai tinggi sampai 82 mtr., terlihat 3 biji Pohon Natal sedang menghias danau itu. Kesemarakan kembang api ikut mempercantik pertunjukan Pohon Natal itu.

Paling akhir, di Nice, Perancis, ada satu Pohon Natal yang dihias oleh air mancur disekelilingnya. Pohon Natal yang sudah datang pada perayaan Natal tahun 2017 itu terlihat istimewa dengan pertunjukan air mancur dan lampu di bawahnya. Tentunya, Pohon Natal itu akan membuat Anda terkesima waktu menyaksikannya.

Kreativitas Pohon Natal Unik di Dunia

pohon natal

Pohon Natal Paling besar di Dunia di Gubbio, Italia

Pohon Natal benar-benar sama dengan Pohon Cemara. Tetapi, membuat Pohon Natal tidak terbatasi dengan memakai pohon itu saja. Ada bermacam kreativitas unik dari Pohon Natal yang sudah dibikin di penjuru dunia.

Di Melbourne, Australia, pernah dibikin satu Pohon Natal dari timbunan mainan Lego. Dengan design kartunis dan hiasan kurcaci dan kereta Santa Clause, Pohon Natal unik itu berhasil mengundang perhatian pelancong baik dewasa atau anak kecil.

Lanjut di Vilnius, Lithuania, ada satu tempat tinggal yang seperti satu Pohon Natal. Komplet dengan dialek warna hijau dan berkilau lampu, rumah itu seperti terlihat satu Pohon Natal memiliki ukuran raksasa.

Kreativitas unik Pohon Natal yang lain sempat juga berada di Tegucilpaga, Honduras. Bukan dibuat dari material biasa, Pohon Natal di Honduras itu dibikin lewat skema dari 3000 orang. Tidak sangsi kreativitas ‘Pohon Natal’ itu digadangkan masuk ke Guinness Book of Records.

Pernah memikirkan Pohon Natal dengan tinggi 650 mtr.? Walau kedengar tidak mungkin, Pohon Natal sebesar ini pernah dibikin di Gubbio, Italia. Tetapi, tidak dari pohon, Pohon Natal ini dibikin dengan manfaatkan sinar dari jendela rumah masyarakat di tempat yang membuat skema seperti Pohon Natal.

Di Turin, Italia, Pohon Natal pernah dibikin dengan memakai panel besi yang kuat. Mempunyai design yang cukup susah tetapi menawan, Pohon Natal ini berhasil bikin orang yang menyaksikannya berasa speechless.

Baca:  10 Tradisi Natal Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Tiap Hiasan Pohon Natal Mempunyai Arti

Tiap hiasan natal mempunyai arti

Hiasan yang lengkapi pohon natal dan pernak pernik natal yang lain bukan sekedar hiasan percantik ornament natal saja. Namun, di tiap hiasan natal itu mempunyai semasing arti yang demikian bernilai. Untuk yang belum mengetahui, berikut penjelasannya yang dikumpulkan dari situs Herworld:

  • Bunga Bulat di muka pintu: aksesori ini berarti kesempurnaan, persatuan dan kehangatan dari Natal. Bila menggantung aksesori ini di pintu dan jendela, ada arti yang lain akan didapat, yakni peruntungan untuk siapa saja yang datang dan turut rayakan peristiwa ini.
  • Pohon Natal: Bukan hanya hiasan di rumah saja, tetapi pohon natal akan jaga keluarga dari arwah jahat dan penyakit waktu hari Natal datang.
  • Lonceng: hiasan lonceng yang di menggantung di pohon, depan pintu atau yang lain, selaku lambang keceriaan dan membuat situasi berbahagia.
  • Tinsel: Hiasan ini dibuat dari kertas karton warna metalik yang mempunyai arti sinar yang menyinari pada perayaan hari Natal.
  • Kaos Kaki: Kabarnya, Santa Claus akan menghadiahkan dengan memasukkan ke dalam kantong atau kaos kaki Natal ini. Ada pula yang yakini kaos kaki dengan hiasan Natal ini spesial diberi dan digunakan waktu Natal datang.
  • Gingerbread Men: kue kering ini pertamanya kali dibikin oleh Ratu Elizabeth. Gingerbread Men sendiri adalah arti dari kasih dan cinta untuk seorang.
  • Candy Cane: tiga garis kecil pada hiasan permen natl yang berupa tongkat ini berarti kemampuan yesus untuk mengobati dan tiga garis besarnya berarti darah Yesus yang tumpah di kayu salib untuk hidup yang abadi.
  • Hadiah Natal: Pada hari natal, tiap keluarga, rekan atau famili akan lakukan ganti hadiah. Ini mempunyai makna selaku pemberian karunia ke sama-sama.
  • Santa Claus: santa claus selaku aksesori natal dapat bawa karunia dan kebahagiaan dalam gembira natal.
  • Bintang: Tidak cuma aksesori yang terpasang di atas pohon natal saja, bintang berarti panduan untuk berjumpa dengan yesus

Pohon Natal Dapat Dibikin dari Bahan Apa saja?

Pohon natal dapat dibikin berbahan apa saja

Waktu natal benar-benar sangat sama dengan hiasan pohon natal yang dibuat dari pohon cemara. Kecuali dibuat dari pohon asli, sekarang banyak dipasarkan pohon cemara memiliki bahan plastik hingga tahan lama dapat tersimpan dan digunakan berkali-kali. Tetapi, semakin kesini, tampil bermacam pohon natal yang unik-unik dengan bermacam bahan landasan yang bermacam.

Misalkan saja, ada orang yang membuat pohon natal dengan ranting-ranting pohon atau potongan kayu yang di lem atau paku hingga membuat peristiwa natal jadi nampak rustic. Disamping itu ada pula, pohon natal yang ditempel di tembok. Ini bukanlah bermakna pohonnya yang ditempel ke tembok, tetapi hiasan seperti daun panjang, potongan paralon, atau yang lain yang di tempel di tembok hingga seperti pohon natal.

Yang paling penting dalam menghiasi pohon natal ialah kreasi yang tinggi. Dengan demikian, menggunakan bahan landasan apa saja dalam membuat pohon natal atau menghiasi, karena itu hasilnya akan nampak bagus sekali, unik dan elok.

Pohon Natal Datang dengan Bermacam Topik

Pohon natal tidak perlu hijau saja, tetapi pohon natal sekarang ini datang dengan bermacam topik. Hingga, tiap tahunnya mendatangkan situasi natal yang lain dan ini tentu saja terlepas dari rasa jemu saat menyaksikan pohon natal yang itu-itu saja.

Saat ini banyak penjual pohon natal dengan mendatangkan bermacam warna pohon natal yang bermacam. Kecuali hijau selaku warna aslinya, ada juga warna lain seperti putih, gold, atau bahkan juga hitam. Anda dan keluarga dapat tentukan topik warna natal tahun ini, selanjutnya hias pohon natal sesuai topik yang diputuskan.

Kecuali warna, ada juga pohon natal dengan topik lain, misalkan topik alam. Jadi di pohon natal yang hijau itu digantungi dengan bermacam hal mengenai alam, dimulai dari hewan, bunga dan lain-lain.

Pohon Natal Sudah Sama dengan Perayaan Natal

Hiasan Pohon Natal terasanya tidak pernah mangkir dalam menyemarakkan Hari Raya Umat Nasrani itu. Mempunyai riwayat dan arti kerohanian, Pohon Natal jadi simbol dari perayaan Hari Natal di penjuru dunia. Oleh karena itu, cukup banyak umat Nasrani yang usaha membuat kreativitas Pohon Natal dengan seindah kemungkinan.