Traveling

Sejarah Tersembunyi Candi Borobudur yang Jarang Diketahui

Candi Borobudur, Jawa tengah

Ekstratime.com – Megahnya Candi Borobudur tidak terlepas dari kedahsyatan Indonesia di periode lalu. Seperti perkataan Bung Karno, supaya kita pelajari api riwayat kita sepantasnya kita ketahui bagaimana Candi Borobudur itu istimewa berdiri sampai sekarang. Di bawah ini adalah riwayat singkat Candi Borobudur yang istimewa itu.

Berdasarkan catatan riwayat, Candi Borobudur diprediksi mulai dibuat pada era kesembilan mana yang waktu itu daerah Magelang sekarang ini terkuasai oleh Dinasti Syailendra yang dipegang oleh Raja Samaratungga. Raja bertitah untuk membuat satu pembangunan Candi yang saat itu dipegang dengan seorang arsitek namanya Gunadharma.

Tiada kontribusi kehebatan tehnologi saat ini, Gunadharma menggambar Candi Borobudur yang luasnya capai beberapa ratus mtr. persegi itu. Dari pembangunan itu, Borobudur bisa dituntaskan dalam kurun waktu 50-70 tahun setelah itu. Mana yang kabarnya Gunadharma sendiri tidak menyaksikan hasilnya.

Asal mula nama Candi Borobudur

sejarah candi borobudur

Nama Borobudur sendiri bermakna ‘Vihara Buddha Uhr’ yang dari bahasa Sansekerta dan bermakna Biara Buddha di bukit. Benar-benar waktu itu, Borobudur berada dalam suatu bukit. itu riwayat singkat Candi Borobudur saat sebelum pembangunannya. Tetapi, sesudahnya Borobudur jadi saksi untuk riwayat Indonesia yang lain.

Sebab pada periode itu agama Budha jadi sebagian besar agama di tanah jawa, karena itu Candi Borobudur juga tidak terlepas dari aktivitas keagamaan. Candi Borobudur jadi pusat keguatan keagamaan paling besar baik di tanah air atau dari bermacam kerajaan di seputar nusantara. Tetapi makin lama perubahan Islam mulai masuk di Nusantara.

Baca:  Destinasi Wisata indonesia Terbaik 2021

Masuknya dampak Islam ke Indonesia pada era ke-15 membuat candi Borobudur mulai ditinggal oleh warga yang beralih ke agama Islam. Sempat ada beberapa saat Borobudur terlewatkan dan seringkali Borobudur makin terlewatkan waktu berlangsung letusan Gunung Merapi yang mengakibatkannya terpendam abu vulkanik.

Riwayat singkat Candi Borobudur

Dalam riwayat singkat Candi Borobudur di periode kolonialisme Belanda, yaitu persisnya di tahun 1814, Sir Thomas Stamford Raffles sukses ungkap kehadiran Candi Borobudur. Raffles mendapatkan info jika ada satu bangunan besar yang tertimbun abu vulkanik di Jawa.

Terhitung, Borobudur terlewatkan sampai 10 era lama waktunya sampai diketemukan oleh Raffles. Keadaan dari Borobudur yang sempat terlewatkan waktu itu tidak cuman tertimbun abu vulkanik saja tetapi dipenuhi oleh semak belukar hingga tidak nampak wujud dan ternyata yaitu amburadul dan terkubur beberapa.

Candi Borobudur mempunyai tinggi yang capai 42 meter, tetapi waktu diketemukan dan sampai sekarang tingginya ialah 34,5 meter. saja. Ada jenjang yang terpendam dan didiamkan terpendam sebab fakta memperkuat fondasi candi dan yang ke-2 ialah sebab jenjang terikuth mempunyai gambar panel jalinan suami istri.

Baca:  7 Kawasan Perkemahan Bogor Cocok Untuk Staycation

Sampai selanjutnya diketemukan dan dikerjakan pemugaran dan bermacam usaha rekontstruksi candi yang diawali mulai sejak penjajahan Inggris dan Belanda. Pemugaran sejak Indonesia merdeka juga terhitung dalam riwayat singkat Candi Borobudur baik dari usaha dalam negeri sampai dari bermacam penjuru dunia.

Candi Borobudur masuk ke Situs Peninggalan Dunia oleh UNESCO

Walau sekarang Candi Borobudur tidak akan masuk ke 7 fenomena dunia, tetapi Borobudur masih masuk ke Situs Peninggalan Dunia oleh UNESCO di tahun 1991 sesudah restorasi panjang pada candi Buddha paling besar di bumi ini. Borobudur masuk ke daftar memory dunia, diusulkan bersama Narasi Panji, Pergerakan Non-Blok, dan Tsunami Aceh.

Tidak heran jika Candi Borobudur masuk dalam list destinasi wisata indonesia terbaik sampai saat ini.

Sedang 4 dokumen yang sudah masuk ke daftar Memory Dunia punya UNESCO dari Indonesia ialah I La Galigo dari Sulawesi, Negarakertagama, Babad Diponegoro, dan Pertemuan Asia-Afrika. Memperlihatkan begitu kayanya riwayat dan budaya Indonesia di dunia.