Film

Crip Camp: A Disability Revolution Film Dengan Konsep Egaliter

Crip Camp: A Disability Revolution rekomendasi film terbaik 2020

Ekstratime.comFilm Crip Camp: A Disability Revolution adalah film ERA akhir 60-an sampai awalnya 70-an, dunia tengah dirundung budaya hippie. Budaya itu adalah wujud gestur protes beberapa anak muda di Amerika yang melawan kekerasan, terhitung perang di Vietnam.

Di luar hiruk pikuk itu, ada cerita yang lain juga sangat penting. Bahkan juga, bisa disebutkan jadi peninggalan paling punya pengaruh sampai sekarang. Cikal bakalnya adalah Camp Jened. Satu perkemahan atau barak musim panas yang diinisiasi beberapa hippie selaku ruangan inklusif beberapa difabel.

Film Crip Camp: A Disability Revolution Dengan Konsep Egaliter

Crip Camp A Disability Revolution

Di Jened, beberapa anak muda difabel banyak yang datang. Ada peserta kamp, ada pembina. Di kamp itu, mereka ada pada satu tingkat yang serupa tanpa melihat kebatasan fisik atau ketidaksamaan kelas. Semua memiliki hak untuk bicara, dan didengar.

Kisah konsep egaliter itu yang dijadikan dokumenter terkini Crip Camp, A Disability Revolution. Disutradarai Jim Lebrecht, yang pernah jadi peserta kamp tersebut dan ko-sutradara Nicole Newnham, film ini dimulai dari cerita individual Jim.

Saat sebelum masuk di kamp, Jim bersekolah dalam suatu sekolah negeri, satu keadaan yang sangat sangat jarang untuk beberapa difabel waktu itu. Beberapa dari mereka yang bahkan juga tidak diterima di sekolah, sebab dipandang mencelakakan keamanan lainnya.

Baca:  Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga 2020

Beberapa gambar dirangkai melalui rekaman lama Jim di Jened. Waktu dia masih berumur 15 tahun. Dengan gambar hitam putih dan warna. Jim menginterviu beberapa temannya di situ. Merekam aktivitas, baik dari dialog, bermain, atau menyanyi.

Dokumenter ini jadi mendalam karena secara utuh sanggup menjahit pola film dengan komplet. Dokumenter umumnya akan pilih satu dari tiga ini; character driven, story/issue driven, dan gambar driven. Sesaat Crip Camp sanggup menyatukan ke-3 nya secara baik.

Cerita yang diawali pada dorongan beberapa watak, lalu lebih luas kembali tangkap rumor. Ditambahkan, bukan menyimpan lensa pada pemanfaatan gambar menegangkan beberapa difabel. Hingga tempatkan kita selaku pemirsa melihat mereka selaku subyek, bukan objek yang tidak memiliki daya.

Salah satunya gambar yang sangat penting pasti adalah saat Judy Heumann, yang nantinya dikenali selaku aktvis hak difabel paling gigih, pimpin gerakan Disabled in Action (DIA) dalam menempati gedung pemerintah di San Fransisco, dan beralih ke New York untuk tuntut Menteri Kesehatan, Pengajaran dan Kesejahteraan Amerika Serikat waktu itu, Joseph Califano.

Lebih dari 20 hari, pergerakan DIA dengan jadwal 504 itu jadi revolusi yang digerakkan dari bangku roda. Revolusi yang sanggup mengganti aturan kehidupan jadi lebih inklusif. Gedung-gedung sekolah, sarana khalayak, terhitung trotoar, dibuat untuk sanggup menampung dan mengikutsertakan mereka jadi sisi dari warga. Kita menyaksikan design stasiun kereta dengan tangga yang sangat tinggi dan tidak terdapatnya lift atau tempat agak miring, toilet yang tidak mencukupi akses. Dan di akhir film, keadaan itu sudah alami banyak perombakan.

Baca:  5 Film Pendek Terbaik 2020 Yang Gemparkan Indonesia

Keadaan itu, pasti jadi benar-benar berkaitan sampai sekarang ini. Memory kelompok dunia kemungkinan lebih ingat flower generation dengan tagline Make Love Not War-nya. Tetapi, Crip Camp memberikan kesempatan kita untuk melihat akar revolusi radikal yang sanggup menggerakkan ketentuan untuk menampung kesamaan hak golongan difabel selaku sama-sama masyarakat sipil. Di Indonesia, kemungkinan bahkan juga ada banyak juga sarana khalayak yang belum menampung difabel. Terhitung, kesamaan atas hak pengajaran.

Crip Camp A Disability Revolution

Crip Camp ialah kisah yang memberikan ruangan untuk kita untuk menyaksikan cerita lain dari zaman 70-an. Zaman waktu golongan hippie menampik kekerasan, dan tampil lambang Bed Ins for Peace, beberapa alumni Jened menggerakkan bangku roda turun ke jalan, berdialog dengan pemerintahan, mengagitasi gerakan yang memutar kehidupan yang lebih inklusif dan berpengaruh pada langkah pandang kita sekarang ini.

Tampil pertama di Sundance 2020, Crip Camp sekarang ini dapat dilihat di service streaming Netflix. Salah satu film terbaik 2020 ini sekarang sudah bisa kamu tonton di situs streaming film favoritmu.